Wednesday, May 31, 2006

Geranium, bisa untuk basmi nyamuk juga. Apa sih Geranium?

Geranium juga dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Hanya saja, geranium yang mana, sering masih membingungkan. Karena biasanya Geranium lebih sering digunakan sebagai tanaman hias seperti Geranium argenteum, Geranium cinereum, dan Geranium dalmaticum.

Sedangkan yang diteliti sebagai tanaman antinyamuk adalah saudara dekat satu keluarga Geraniaceae yaitu Pelargonium, khususnya Pelargonium Citrosa. Jika Anda datang ke nurseri, dan menyebut nama geranium pasti akan ditunjukkan pelargonium.

Memang jika dilihat sekilas sosoknya tak jauh beda. Maklum,satu keluarga. Untuk pelargonium, daunnya menjari. Dalam satu 'tangan' ada tiga jari utama. Sementara geranium bentuk daunnya menjari juga, hanya 'jarinya' berjumlah 5 tulang daun utama.

Pelargonium permukaan daunnya berbulu, sementara geranium permukaannya lebih halus.Jika daunnya digoyang-goyang, pelargonium berbau tajam. Sementara geranium yang digunakan sebagai tanaman hias tidak berbau.

Pelargonium citrosa (Scented Geranium)

Pelargonium citrosa atau Pelargonium citrosum merupakan nama dagang dari Pelargonium spp. atau dikenal juga sebagai Geranium wangi. Umum digunakan sebagai potpouri, bahan aromaterapi berupa bahan kering tanaman.

Tanaman ini ditanam untuk diambil minyak atisirinya. Yang terkenal dengan nama citronella essensial oil. Tanaman ini asli dari Afrika Selatan,dipopulerkan oleh bangsa Viktoria.

Tanaman Geranium ini berbentuk semak, tingginya bisa mencapai 1 m. Hanya kebanyakan kurang dari 1 m. Umumnya ditanam di pot, bisa juga ditanam di tanah sebagai elemen taman. Warna bunga ungu, ada juga yang disilangkan hingga timbul warna variasi. Daunnya menjari dengan tepi daun bergerigi.

Warna daun hijau muda, ada juga yang variegata. Aroma daun bermacam-macam, tergantung varietasnya. Dari spesies Pelargonium Citrosa, dihasilkan hibrida yang ampuh untuk anti nyamuk bahkan anti kecoak.

Wah asyik dong kalau sudah punya tanaman Geranium, sudah anti nyamuk eh anti kecoak pula 

3 Comments:

At 2:49 AM, Blogger Diana Ryn said...

Geranium banyak tumbuh dimana?

 
At 6:50 PM, Blogger tywidot said...

geranium untuk mengusir nyamuk bisa menguap karena panas??
*i need your answer!!

 
At 8:43 PM, Blogger Unknown said...

Geranium itu bisa dibeli dimana? saya sudah sebulan nyari ga ketemu juga...
Saya baru pindah rumah dan disini nyamuknya seperti peternakan bukan banyak lagi tapi terlalu banyak bisa bikin peyek hikz...
Tolong bantu donk saya mau beli beberapa pot dan berbagai warna sekalian buat taman didepan rumah biar ga jadi perternakan nyamuk lagi... saat ini baru punya Zodia, lavender dan rosemary.
Terima kasih sebelumnya.
Dina

 

Post a Comment

<< Home

"Tanaman Anti Nyamuk merupakan obat anti nyamuk yang murah meriah juga tahan lama"