Sunday, June 18, 2006

Gimana ya cara menanam Geranium (Pelargonium Citrosa)?

Agar lebih mudah, pelargonium ditanam dengan stek anakan. Pelargonium citrosa membentuk rumpun. Pilih anakan yang punya akar, lantas pisahkan dengan induknya.
Jika ditanam dipot, media gunakan cocopeat. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan tanah dicampur dengan kompos atau pupuk kandang.Tambahkan juga dengan sekam bakar.

Penyiraman dilakukan tiap hari, intinya medianya jangan sampai kekeringan.Semprot dengan NPK paling tidak sebulan sekali. Pemupukan ini dilakukan untuk menambah nutrisi jika pupuk kandang dalam media sudah tak mencukupi.

Kalau Pelargonium ditanam dalam pot, bagaimana?

Biasanya Pelargonium ditanam outdoor. Bisa juga ditanam indoor jika untuk mengusir nyamuk. Caranya, cukup letakkan pot pelargonium di dekat jendela atau tempat yang dilalui angin. Angin akan menggoyang tanaman sehingga citronella menyebar ke udara. Aroma ini yang tidak disukai nyamuk.

Jika tidak ada jendela, bisa dibantu dengan kipas angin. Dan juga harus sering-sering dikeluarkan agar terkena sinar matahari.

Untuk mencegah gigitan nyamuk bisa dioleskan ke bagian tubuh. Daun pelargonium diremas-remas atau dihancurkan, kemudian dioleskan ke tangan, maka nyamuk tak akan mendekat.

2 Comments:

At 1:22 AM, Blogger jiwakitamerdeka said...

Terima kasih kerana blog anda yang bermaklumat.

 
At 12:59 AM, Blogger sigid wahyu utomo said...

ok banget infonya mbak...makasih ya

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home

"Tanaman Anti Nyamuk merupakan obat anti nyamuk yang murah meriah juga tahan lama"